3 Elemen Sistem Komputer Beserta Contohnya

 


Pengertian Sistem Komputer

Sistem komputer adalah suatu sistem pengoperasian perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer oleh manusia. Komputer terdiri dari tiga elemen utama yang saling berhubungan, yaitu hardware, software, dan brainware.

Optimalnya kinerja komputer tergantung pada optimalnya ketiga elemen ini bekerja bersama. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai ketiga elemen tersebut.

Elemen Dasar Sistem Komputer

  1. Hardware (Perangkat Keras)

    Hardware merupakan elemen komputer berupa perangkat keras yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Contohnya adalah input device (keyboard), storage unit, CPU (Central Processing Unit), dan output device.

    Komponen ini membentuk dasar dari suatu sistem komputer. Perkembangan teknologi juga memunculkan perangkat tambahan seperti Communication Control Unit (CCU) untuk memudahkan pengiriman data antar komputer.
    Contoh:
    -Input Device: Keyboard, mouse
    -Storage Unit: Hard disk, SSD
    -CPU: Intel Core i7, AMD Ryzen
    -Output Device: Monitor, printer
    -CCU: Modem, router

  2. Software (Perangkat Lunak)

    Software merupakan elemen komputer yang berupa perangkat lunak atau program yang memberikan instruksi untuk melakukan pengolahan data. Terdapat dua jenis perangkat lunak, yaitu sistem software (sistem operasi) dan application software (program aplikasi).

    Sistem software mengatur file, mengeksekusi program, dan berinteraksi dengan pengguna, sedangkan application software digunakan untuk pekerjaan spesifik.
    Contoh:
    -Sistem Operasi: Windows, macOS, Linux
    -Program Utilitas: Norton Utilities, McAfee
    -Program Aplikasi: Microsoft Word, Excel

  3. Brainware (Orang yang Mengoperasikan)

    Brainware adalah elemen komputer yang berupa orang yang mengoperasikan atau menjalankan sistem komputer. Terdapat tiga kelompok brainware, yaitu system analis (merancang sistem), programmer (membuat program), dan user (menggunakan komputer langsung).
    Contoh:
    -System Analis: Merancang sistem komputer
    -Programmer: Membuat program
    -User: Menggunakan komputer secara langsung

sumber:umsumedan

Komentar

Postingan populer dari blog ini